Kamis, 26 Maret 2015

DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN SIAP GELONTORKAN BIBIT DOMBA

KIM Patih Somo- Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, siang tadi (26/03/2015) menyelenggarakan Penyuluhan Pengelolaan bibit ternak di Balai Desa Sumodikaran Kec. Dander Kab. Bojonegoro Jawa Timur yang dihadiri oleh Kepala Desa dan semua jajaran Aparatur Desa.

Kelompok Tani Ternak Mulyo Desa Sumodikaran Kec. Dander Kab. Bojonegoro pada tahun 2015 ini akan menerima bantuan bibit ternak Domba dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bojonegoro. Turunnnya bantuan ini diawali dari pengusulan Kelompok Tani Ternak Mulyo pada tahun 2014 yang lalu. Pada tahun ini pengusulan tersebut  akan segera terealisasi.

Sinyal turunnnya bantuan ini dimulai hari ini, yaitu diawali dengan diselenggarakannya Penyuluhan Pengelolaan Bibit Ternak yang didistribusikan kepada masyarakat tahun 2015, yang dilaksanakan di Balai Desa Sumodikaran. Penyuluhan tersebut diikuti oleh anggota Kelompok Tani Ternak Mulyo, Aparatur Desa dan sebagian masyarakat desa yang berjumlah 40 orang.

Antusias anggota Kelompok  Tani Ternak dan masyarakat  cukup tinggi untuk mengikuti penyuluhan tersebut, terbukti tingkat kehadiran undangan mencapai 95%. Sukarji, salah satu undangan yang hadir mengatakan bahwa keingintahuan dan kejelasan bagaimana  cara-cara beternak yang benar sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat saat ini banyak masyarakat Sumodikaran yang memiliki ternak. Hal ini juga diamini oleh Kholiq, Ketua Kelompok Tani Ternak Mulyo Desa Sumodikaran, dia menandaskan bahwa modal dasar yang wajib diketahui oleh warga sebelum beternak adalah tehnik-teknik beternak yang benar. Bagai gayung bersambut, Ketua Tim Pelaksana, Kasnadi, S.Pt. juga menjelaskan bahwa sebelum Kelompok Tani menerima bantuan ternak, langkah utama yang diperlukan adalah petani mengetahui teknik-teknik beternak yang benar.
Kelompok Tani Ternak Mulyo yang dikomandani oleh Kholiq ini memiliki anggota sebanyak 10 orang. Berdirinya Kelompok Tani ini berawal dari  keinginan Kholiq untuk beternak Domba. Pada tahun 2013 atas dukungan dan motivasi dari apartur desa keinginan untuk mendirikan Kelompok Tani Ternak ini dapat terealisasi. Namun diawal berdirinya kelompok ini sudah terbentur dengan modal sehingga dalam pelaksanaan kegiatannya tidak dapat berjalan dengan baik. Atas saran dari pamannya yang juga anggota kelompok Tani Ternak di Kapas menyarankan untuk membuat proposal bantuan bibit ternak domba. Akhirnya pada tahun 2014 proposal  diajukan ke Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bojonegoro dan dapat terelalisasi pada tahun 2015 ini.

Rencananya bantuan yang digelontorkan kepada Kelompok Tani Ternak Mulyo ini berjumlah 20 ekor bibit Domba betina siap kawin dan 5 ekor domba untuk dikelola dalam kandang bersama dengan harapan dalam waktu 2 tahun kedepan dapat berkembang dengan baik dan sesuai harapan Dinas Peternakan dan Masyarakat.

1 komentar:

  1. Dalam Bahasa Inggris Sering Disebut Cock Fight Dimana permainan ini mengadu antara dua ekor ayam jantan dalam sebuah arena pertandingan adu ayam ini memiliki sebutan didalam arena yaitu Sabung Ayam, permainan ini biasanya diikuti oleh perjudian yang berlangsung tak jauh dari arena sabung Ayam Bangkok

    BalasHapus

Kontak Kami

Pemerintah Desa Sumodikaran
Sekretariat : Balai Desa Sumodikaran Kec. Dander Kab. Bojonegoro
HP : +6282331046465 ( Yasdi, SE, MM )
Email : desasumodikaran@gmail.com