Kamis, 12 Maret 2015

DEMOGRAFI


Berdasarkan data Administrasi Pemerintahan Desa tahun 2014, jumlah penduduk Desa Sumodikaran adalah terdiri dari 856 KK, dengan jumlah totall  2.870 jiwa, dengan rincian 1.507 laki-laki dan 1.363 perempuan. Berdasarkan data administrasi pemerintah desa bahwa usia produktif pada usia 19-50 tahun penduduk Desa Sumodikaran sekitar 1.403 atau 48 % lebih. Hal ini merupakan modal berharga bagi pengadaan tenaga produktif dan SDM

Dari data Administrasi pemerintah desa Sumodikaran Tingkat kemiskinan di Desa Sumodikaran termasuk masih banyak. Data BPS PPLS 2011 tercatat ada 290 KK yang tergolong pemetaan keluarga miskin yang tersebar di semua RT yang di nyatakan layak menerima bantuan sosial. dan data terakhir pemerima PKH ada 47 KK. Terkait dengan kondisi sekarang dalam rentang waktu 4 tahun terakhir di rasa data data tersebut sudah tidak valit, maka perlu adanya validasi data kembali agar ada keadilan yang dinyatakan layak menerima bantuan sosial juga untuk menghindari konflik sosial di masyarakat.

Secara administratif, Desa Sumodikaran terletak di wilayah Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Ngumpakdalem. Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sumberagung. Di sisi Selatan berbatasan dengan Desa Sendangrejo, sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Desa  Mojoranu yang masih berada di lingkup Kecamatan Dander. 

Jarak tempuh Desa Sumodikaran ke ibu kota kecamatan adalah 4 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 8 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 12 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit.

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Kami

Pemerintah Desa Sumodikaran
Sekretariat : Balai Desa Sumodikaran Kec. Dander Kab. Bojonegoro
HP : +6282331046465 ( Yasdi, SE, MM )
Email : desasumodikaran@gmail.com