Jumat, 30 Agustus 2019

LESTARIKAN BUDAYA ADAT MANGANAN DI DESA SUMODIKARAN


Sumodikaran- Di Desa Sumodikaran, ada tradisi yang diadakan pada tiap tahunnya, namanya manganan. Disini warga berkumpul dengan membawa berbagai makanan atau hasil bumi untuk melakukan ritual sedekah bumi atau biasa dikenal manganan. Pada tahun ini digelar pada hari Jum’at Pahing (30/8/2019) bertempat di Makam Cepit turut RT. 01 RW. 01 Desa Sumodikaran. 

Kepala Desa, tokoh masyarakat dan ratusan warga Desa Sumodikaran Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, tumpah ruah di Makam cepit. Tujuan warga kesini dengan membawa Gunungan hasil bumi dan berbagai makanan atau hasil bumi, untuk melakukan ritual sedekah bumi atau biasa dikenal dengan tradisi manganan.

Ritual adat inipun digelar setiap setahun sekali dan sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Sumodikaran. Selain di dusun Sumodikaran, tradisi ini juga di gelar di dusun Tempuran dengan waktu yang berbeda. Dalam sambutannya Kepala Desa Sumodikaran berharap Tradisi ini jangan disalah artikan. Tradisi ini semata-mata meminta kepada Allah agar Warga Desa Sumodikaran dijauhkan dari Bencana dengan selalu bersyukur atas semua karunia-Nya dan tak lupa selalu mendo’akan para sesepuh dan pendiri serta pejuang desa Sumodikaran. (say)

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Kami

Pemerintah Desa Sumodikaran
Sekretariat : Balai Desa Sumodikaran Kec. Dander Kab. Bojonegoro
HP : +6282331046465 ( Yasdi, SE, MM )
Email : desasumodikaran@gmail.com