Selasa, 24 Maret 2015

SONGSONG PROGRAM CAMAT DANDER WARGA SUMODIKARAN MULAI MELIRIK BUDIDAYA LELE


KIM Patih Somo- Seiring dengan program Camat Dander menjadikan Desa Sumodikaran dan Desa Ngumpakdalem sebagai destinasi kuliner masakan berbahan dasar ikan air tawar, warga Desa Sumodikaran mulai menekuni budidaya ikan Lele dan Nila. Berdasarkan data dari Pemerintah  Desa Sumodikaran, saat ini sudah puluhan Kepala keluarga yang membudidayakan Lele. Walaupun masih sebatas sebagai sarana menyalurkan hobby saja namun hasil yang diperoleh tidak terlalu mengecewakan.

Camat Dander memprogramkan Desa Sumodikaran dan Desa Ngumpakdalem sebagai alternatif tujuan wisata kuliner. Embrio program ini sudah ada, yakni berdirinya 3 buah warung yang tiap harinya cukup ramai dikunjungi pelanggannya. 3 warung itu adalah Warung Tempuran, Warung Makan Rumah Kampung dan Mega Kafe. “Kami memberi alternatif menu masakan kepada 3 warung tersebut yakni menu masakan berbahan dasar ikan lele, selain menu masakan unggulan masing-masing Warung tesebut”, ujar Fatchur Rochman, S.Sos, Msi, Camat Dander saat ditemui KIM Patih Somo, (23/03/2015) di Kantor Kecamatan.

Sejalan dengan pernyataan Camat Dander, menurut Nurul Iksan, SE, Program budidaya Lele ini sudah dimasukkan pada Musrenbangdes bulan November 2014 yang lalu.  “Pada Musrenbangdes tahun 2016, telah diprogramkan budidaya Lele dan pelatihan-pelatihan masakan olahannya, misalnya Pentol Lele, Abon Lele dan Kerupuk Lele”, kata Kaur Pembangunan Desa Sumodikaran ini menandaskan. Rencananya selain pengolahan produk lele, juga akan ada pelatihan meramu pakannya, sehingga warga yang berminat budidayak lele tidak kesulitan menghadapi masalah pakannya.

Salah satu pembudidaya Lele yang cukup telaten menggeluti bidang ini adalah Maliki, warga RT. 03 RW. 02 Dukuh Tempuran Desa Sumodikaran. Sejak tahun 2013 yang lalu dia menekuni hobby budidaya Lele ini. Dengan bermodalkan tambak dengan ukuran 5 m x 10 m ini, dia menebarkan 13.000 benih lele di kolamnya. “Yach…. Untuk refreshing mas… menyalurkan hobby, keuntungannya lumayan juga”. Ujarnya.
Selain Maliki, ternyata lebih dari 15 Kepala keluarga di desa ini juga memiliki pekerjaan sampingan yakni budidaya Lele ini.

Kepala Desa Sumodikaran, Hj. Khotimah berharap dengan adanya program dari kecamatan ini pendapatan masyarakat akan meningkat yang pada ujungnya kesejahteraannya pun akan meningkat.

3 komentar:

  1. Berdasarkan data dari Pemerintah Desa Sumodikaran, saat ini sudah puluhan Kepala keluarga yang beternak Lele <<< data dari desa hanya menyebutkan 'puluhan' ? tidak ada data angka pati ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas..... 23 KK yang saat ini budidaya lele. Makasih masukannya.

      Hapus
  2. Selamat malam pak,pak saya ingin bertanya bagaimana ya cara atau proses pengajuan permohonan bantuan dalam usaha budidaya ke dinas peternakan dan perikanan bojonegoro, dan syarat administrasinya apa saja ya,,saya ingin mengajukan permohonan budidaya ikan lelw khususnya pemijahan,,saya dr desa sumberarum. Trimas

    BalasHapus

Kontak Kami

Pemerintah Desa Sumodikaran
Sekretariat : Balai Desa Sumodikaran Kec. Dander Kab. Bojonegoro
HP : +6282331046465 ( Yasdi, SE, MM )
Email : desasumodikaran@gmail.com