Jumat, 20 Maret 2015

BALAI DESA DIGUSUR PEMERINTAH DESA MALAH BERSYUKUR

KIM Patih Somo- Kepala Desa Sumodikaran yang baru ini memang patut diacungi jempol, betapa tidak, dalam masa satu tahun kepemimpinannya, Hj. Khotimah bersama-sama dengan jajaran Pemerintahannya telah menyelesaikan dua PR besar yang selama ini terbengkalai dari masa kepemimpinan Kepala Desa sebelumnya. Setelah pemindahan Jalur Jalan baru di timur Kasun I  RT 01 RW 01 yang baru saja selesai masa pembangunannya, Beliau langsung tancap gas untuk mengeksekusi PR keduanya yaitu penyelesaian sengketa tanah yang ditempati Balai Desa.
                                                                                                                          
Balai Desa Sumodikaran Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro yang selama ini ditempati oleh Pemerintah Desa, dulu dibangun sejak masa kepemimpinan Kepala Desa alm. Bapak H. Wajiran pada tahun 1984. Balai Desa ini berdiri diatas tanah milik Alm. H. Tarmadi. Pendirian Balai Desa ini bermula dari kesepakatan antara Pemerintah Desa dan H. Tarmadi yang dituangkan dalam rembug desa pada tahun itu. Disepakati bahwa tanah tersebut awalnya akan dibeli desa, tetapi karena membutuhkan dana yang besar, maka sementara dipakai untuk balai desa sedangkan H. Tarmadi diberikan tukar tanah kas desa untuk dikelola. Waktu bergulir begitu cepat, ketika masa kepemimpinan H. Wajiran berakhir dan berganti Kepala Desa H. Hadi Suwartono yang masih saudara H. Tarmadi dan anak dari H. Wajiran, mungkin karena hubungan kekeluargaan yang begitu kental sehingga permasalahan panah yang ditempati Balai Desa berlalu begitu saja tanpa penyelesaian.
Balai Desa yang sekarang ditempati
Pemdes Sumodikaran
Hingga kepemimpinan kepala desa berganti Ali Mahfudh, S.Pd. Pihak keluarga H. Tarmadi mulai menanyakan kelanjutan penyelesaian tanah yang ditempati balai desa. Pembahasan selalu deadlock dan mengambang begiti saja sampai akhir masa kepemimpinan Ali Mahfudh, S. Pd. selama dua periode.

Tampuk kepemimpinan Kepala Desa Sumodikaran berganti kepada Hj. Khotimah yang mulai menjabat sejak 30 April 2014 lalu. Pembahasan permasalahan tanah yang ditempati Balai Desa menghangat kembali, Hal tersebut akhirnya direspon cepat oleh Kepala Desa. Dari dua pertemuan yang digelar oleh Pemerintah Desa dengan Pihak Keluarga H. Tarmadi, puncaknya pada pertemuan kedua yang dilaksanakan di Balai Desa Sumodikaran pada tanggal 14 November 2014 lalu menjadi titik balik dari keberadaan Balai Desa yang selama ini ditempati oleh Pemerintah Desa dalam menjalankan roda pemerintahannya. Pertemuan tersebut mendapatkan hasil kesepakatan yaitu Balai Desa Sumodikaran akan pindah tempat di lokasi Tanah Kas Desa sebelah SDN Sumodikaran II. Terkait kepindahan tersebut Pemerintah Desa Sumodikaran minta tenggang waktu 3 tahun. Saat ditemui KIM Patih Somo (19/03), Kasun Sumodikaran, Ali Muji merasa senang karena masalah ini sudah ada solusinya. “Akhirnya kami sangat puas dan bersyukur dengan hasil kesepakatan ini, kami lebih senang jika pindah saja daripada harus membeli tanah ini, selain kemampuan keuangan desa yang sangat terbatas, Kami juga harus rehab Balai Desa. Dengan pindah di tanah Kas Desa sudah aman di sisi tempat dan kami bisa merencanakan pembangunan Balai Desa baru yang lebih bagus”. ujarnya membenarkan.

Dari hasil kesepakatan tersebut Pemerintah Desa Sumodikaran langsung merespon dengan membuat rencana pembangunan Balai Desa baru. Saat ini sudah memasuki tahap desain akhir dan di tahun 2015 ini juga rencananya Balai Desa Sumodikaran yang baru akan segera dibangun, menyusul tahun berikutnya pembangunan Kantor Desa. “Kami mohon do’a restu kepada semua Warga Sumodikaran dan Pembaca, semoga pembangunan Balai Desa baru ini lancar dan dimudahkan oleh Allah SWT, sehingga dalam kurun waktu 3 tahun, Balai Desa Sumodikaran sudah berdiri kokoh sebagaimana harapan kita semua”. tandas Kepala Desa Sumodikaran. (Exsan)

2 komentar:

Kontak Kami

Pemerintah Desa Sumodikaran
Sekretariat : Balai Desa Sumodikaran Kec. Dander Kab. Bojonegoro
HP : +6282331046465 ( Yasdi, SE, MM )
Email : desasumodikaran@gmail.com